FUNGSI VEST / ROMPI



FUNGSI VEST / ROMPI 
Kalau kita telusuri sejarahnya, pada awalnya vest berlengan dan panjangnya selutut. Namun dalam perkembangannya kemudian, vest berubah bentuk menjadi pendek sepinggang dan kehilangan lengannya menjadi (Sleeveless).
Pada sekitar abad 17 vest digunakan hanya sebagai pelengkap setelan jas dan celana (suits). Namun saat ini vest telah banyak digunakan secara unisex untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita, tua maupun muda dan dalam situasi serta kondisi apapun.
Kalau melihat bentuk, struktur dan penggunaannya, vest bisa dikelompokkan menjadi 2 kelompok :
I. FORMAL ;

Mau order Rompi/Vest Custom cek di JASJAHIT.COM

Vest dalam kelompok ini mempunyai ciri yang khas antara lain :
  1. Vest yang dipakai umumnya terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan mahal.
  2. Yang berkerah, umumnya dikenakan langsung tanpa jas, misalkan Wrap Coat, Revere Waistcoat, Shawl Collar Waistcoat, Assymetric Waistcoat, Noched Lapel Waistcoat, Peaked Lapel Waistcoat.
  3. Yang tidak berkerah, umum digunakan dengan setelan jas adalah Backless Waistcoat yang terbuka pada bagian punggungnya. Sedangkan yang dikenakan langsung tanpa setelannya adalah No Collar Waistcoat yaitu vest yang mempunyai bentuk paling sederhanana.
  4. Vest formal umumnya bersaku dalam dengan tutup/kelepak ataupun tidak, persis seperti kantung jas.
  5. Wana vest biasanya disesuaikan dengan warna setelannya.
II. NON FORMAL ;

Vest yang termasuk dalam kelompok ini mempunyai ciri, antara lain :
Terbuat dari banyak jenis bahan pilihan yang lebih bervariasi. Umumnya disesuaikan dengan fungsi dan tujuan pemakaian. Untuk memancing umumnya dipakai Fishing Waistcoat yang dilengkapi dengan banyak kantung atau Down Waistcoa, Vest casual berleher yang dipakai untuk penghangat badan. Selain itu, No Collar Waistcoat juga bisa dimasukkan dalam kelompok ini, karena vest ini paling populer dan sangat digemari karena modelnya yang paling simple.
VEST YANG COCOK DIKENAKAN KE KANTOR, diantaranya adalah :
  1. Bentuk vest yang formal maupun non formal bisa anda pilih untuk dikenakan. Namun harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
  2. Pilihlah vest yang simple, dari segi warna, bahan, motif dan corak serta modelnya.
  3. Vest merupakan pelengkap busana, sesuaikan dengan padupadan setelannya. Kemeja, celana, rok atau apapun yang dikenakan, jangan sampai terkesan salah kostum.
  4. Utamakan kenyamanan dalam pemakaiannya sehingga tidak mengganggu gerak aktivitas kerja.
Fashion Beat – Else Magazine Office Lifestyle page 36 Edition Oktober 2008 By. Lisa Analisa Maharani
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak