HARGA JAS DI JAKARTA

HARGA JAS DI JAKARTA

 

Meskipun kemungkinan mayoritas pakaian kita didominasi oleh produk jadi (ready to wear), kebutuhan akan seorang penjahit tidak pernah pudar. Kita tidak perlu melihat jauh-jauh. Coba saja sambangi pasar paling dekat dengan rumah Anda. Hampir bisa dipastikan ada seorang tailor di sana.
Terlepas dari kemudahan membeli pakaian jadi (dan mungkin adanya kebanggaan memakai brand tertentu), sebuah pakaian hanya akan tampak bagus pada tubuh kita kalau potongannya pas. Dan kecuali Anda memiliki postur layaknya seorang manekin, umumnya pakaian jadi akan cacat ukuran di bagian tertentu. Panjang lengan atau lebar pinggang, misalnya.
Ukuran yang pas menjadi sangat penting terutama ketika kita memakai setelan jas. Di sini keahlian seorang tailor menjadi sebuah kebutuhan. Layaknya seorang dokter, anatomi tubuh Anda akan diperiksa. Postur Anda diteliti. Apakah bahu Anda tegap atau turun, apakah Anda berdiri dengan tegap atau agak membungkuk, apakah posisi lengan Anda berada sejajar dengan sisi tubuh. Dari sini jas itu akan dibuat, disempurnakan sesuai dengan spesifikasi diri Anda
Mengetahui pentingnya kebutuhan akan tailor bagi seorang pria, kami dari Pakai Apa Hari Ini mengumpulkan informasi terbaru dari harga tailor di Jakarta untuk tahun 2015. Daftar ini dibuat berdasarkan pengalaman, rekomendasi, dan popularitas dari tailor yang disebutkan. Kami akan berusaha untuk terus memperbaharui atau menambah nama-nama tailor yang ada. Tentunya saran dan masukan dari pembaca akan sangat membantu. Dengan keterbatasan yang ada, kami belum bisa melakukan kunjungan ke kota-kota lain walau kami sadar bahwa keterampilan seorang tailor tidak mungkin hanya terbatas di ibukota saja.

Berikut ini adalah daftar harga tailor jas di Jakarta untuk tahun 2016 hanya untuk ongkos pembuatan jas saja, yang berarti Anda harus membawa bahan sendiri. Diurutkan mulai dari yang harganya paling terjangkau:

Feng Sin
Feng Sin, terletak di daerah Gunung Sahari, menjadi bahan pemberitaan setelah membuatkan jas untuk Presiden Joko Widodo. Tapi saya belum bisa memeriksa kualitasnya secara langsung. Ongkos menjahit jas di sini Rp 2 juta menggunakan teknik lem (fused), dengan proses sekitar 2 minggu. Untuk teknik buntut kuda (canvassed), ongkosnya Rp 3 juta dengan proses sekitar 20 hari.

Hing
Hing berlokasi di Jl. Cideng Barat, tidak jauh dari RSUD Tarakan. Tailor ini mengenakan ongkos Rp 2,1 juta untuk pembuatan jas dengan teknik campuran lem dan buntut kuda (fused canvassed). Teknik seperti ini menggunakan lem tipis untuk melapisi kain, baru memberikan lapisan buntut kuda untuk memberikan bentuk kepada badan jas. Proses pembuatan jas keseluruhan memakan waktu sekitar 3 minggu.

Apin
Apin memiliki cabang di Pasar Baru dan Pasar Mayestik. Ongkos pembuatan jas menggunakan teknik lem adalah Rp 2,5 juta, dengan proses kurang lebih 2 minggu. Sedangkan untuk teknik buntut kuda harganya lebih tinggi yaitu Rp 3,5 juta, dan prosesnya pun sedikit lebih lama yaitu sekitar 3 minggu. Fitting bisa dilakukan 1 kali bila tidak banyak perubahan. Anda bisa meminta mereka membantu mencarikan bahan jas kalau ragu mencari sendiri.
Srivishnu
Srivishnu memiliki dua tempat, di daerah Sabang, Jakarta Pusat, dan Pasar Baru. Untuk pembuatan jas dengan teknik lem ongkosnya adalah Rp 2,5 juta. Mereka memberikan opsi bahan semi wool alias wol campuran (dengan bahan sintetis) tanpa biaya tambahan kalau pelanggan menginginkan. Untuk teknik buntut kuda, ada biaya tambahan Rp 1 juta sehingga total ongkos pembuatan jas menjadi Rp 3,5 juta. Prosesnya memakan waktu sekitar 2 minggu.

Hariom’s
Hariom’s memiliki dua lokasi di Pasar Baru dan satu cabang di Jl. Panglima Polim, Jakarta Selatan. Mereka menggunakan teknik campuran lem dan buntut kuda untuk pembuatan jas. Ongkosnya Rp 3 juta, dengan proses keseluruhan sekitar 1 minggu sampai 10 hari.


Syun Lee
Syun Lee terletak di Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat. Untuk ongkos pembuatan jas mereka memasang harga Rp 3 juta. Teknik pembuatannya menggunakan lem dengan lapisan buntut kuda. Mereka mengatakan kalau memakai buntut kuda semua maka jas akan terasa berat. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 2 minggu.

A Tham
A Tham memiliki beberapa tempat di Jakarta, dengan pusatnya di daerah Ketapang. Lokasi lainnya terletak di Plaza Indonesia dan Pondok Indah Mall. Semua teknik pembuatan jas di sini menggunakan lem, dengan ongkos Rp 3,5 juta. Ketika ditanya apakah bisa menggunakan buntut kuda, mereka menjawab kalau sudah tidak menggunakan teknik itu lagi. Fitting dilakukan 1 kali dan proses keseluruhan sekitar 2 minggu.

Brillington and Brothers
Brillington and Brothers adalah sebuah tailor baru yang cukup populer di kalangan anak muda. Menggunakan pendekatan yang berbeda, mereka tidak memiliki sebuah showroom khusus. Pelanggan bisa membuat janji untuk bertemu di sebuah gerai sepatu di Kota Kasablanka, di mana mereka akan membawakan contoh bahan dan melakukan pengukuran. Untuk ongkos jahit dengan teknik campuran lem dan buntut kuda mereka mengenakan harga Rp 3,5 juta. Fitting dilakukan 1,5 kali.


Lord’s

Lord’s yang berada di Plaza Senayan memasang ongkos Rp 3,5 juta untuk menjahit jas. Konstruksi yang digunakan dengan buntut kuda, tanpa lem. Mengecek hasil jahitannya sekilas terlihat cukup baik. Proses pembuatan sekitar 10 hari, tentunya tergantung apakah pelanggan sudah puas dengan jasnya.


Abie

Abie adalah tailor dari mantan menteri luar negeri Marty Natalegawa. Mayoritas pelanggan mereka berasal dari kalangan militer. Jas buatan mereka menggunakan lem, tanpa buntut kuda. Proses pembuatan sekitar 10 hari dengan fitting 1-2 kali, tapi tentunya ini tergantung setiap konsumen. Untuk harga, mereka memasang Rp 3,5 juta untuk ongkos jahit. Lokasinya terletak di Jl. KH Wahid Hasyim, tidak jauh dari Pasar Tanah Abang.

Biak
Biak, seperti namanya, berlokasi di Jl. Biak, Jakarta Pusat, tidak jauh dari daerah Roxy. Untuk pembuatan jas mereka menggunakan teknik buntut kuda, tanpa lem. Perbedaan ongkos hanya terletak pada jenis bahan yang dibawa. Untuk bahan wol biasa ongkosnya Rp 4 juta, sedangkan untuk wol yang lebih halus, seperti Zegna, ongkosnya Rp 4,5 juta. Alasan mereka adalah karena metode pengerjaannya dan treatment kepada bahan berbeda. Prosesnya memakan waktu sekitar 10 hari.

A Thiam
A Thiam berada di Jl. Sukarjo Wiryopranoto, Jakarta Pusat, tidak jauh dari daerah Batu Ceper. Ongkos pembuatan jas di sini Rp 4 juta. Mereka biasanya menggunakan teknik lem, tapi juga tidak akan mengenakan ongkos tambahan kalau pelanggan meminta buntut kuda. Kata mereka, banyak orang yang sekarang ingin memakai jas yang ringan, sedangkan jas dengan buntut kuda terasa cukup berat.

Wong Hang
Wong Hang memiliki banyak cabang di Jakarta, termasuk di daerah Mangga Besar, Pondok Indah, dan Kelapa Gading. Tidak hanya di Jakarta, mereka juga memiliki cabang di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Ongkos jahit jas di Wong Hang adalah Rp 4 juta. Mereka tidak menggunakan lem. Semua dibuat dengan buntut kuda dan dijahit dengan tangan. Fitting sekitar 1,5 sampai 2 kali. Prosesnya bisa memakan waktu sampai 1,5 bulan. Mereka memberikan garansi ukuran seumur hidup.


Exclusive
Exclusive terletak di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. Saya mendengar kalau mereka dulunya memiliki hubungan dengan Kwong Tung. Tapi hal ini belum bisa dikonfirmasi. Kualitas jas Exclusive sudah terbukti karena ayah saya masih memiliki jas yang dibuatnya di pertengahan tahun 1980-an. Walau sudah tidak muat, tapi kualitasnya masih baik. Ongkos pembuatannya sekarang Rp 4,5 juta dengan teknik campuran lem dan buntut kuda. Prosesnya sekitar 2 minggu.

Laxmi
Laxmi memiliki tiga cabang, yaitu di daerah Pecenongan, Senayan City, dan Kemang. Tailor ini populer di kalangan pejabat dan wakil rakyat. Ongkos membuat jas dengan teknik lem adalah Rp 4,5 juta, sedangkan dengan teknik buntut kuda Rp 6,5 juta. Proses pembuatan sekitar 1 minggu sampai 10 hari. Fitting dilakukan minimal 1 kali. Kalau sudah bagus mereka akan melanjutkan ke proses finishing.

New Mico
New Mico terletak di Jl. Hayam Wuruk. Ongkos pembuatan jas di sini adalah Rp 5 juta, dengan teknik lem. Mereka tidak menggunakan teknik lain lagi. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar 1 bulan.

Kwong Tung
Kwong Tung adalah tailor yang populer di kalangan pejabat. Keluarga mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah salah satu pelanggan setia di sini. Berlokasi di Jl. Pecenongan dan Arteri Pondok Indah. Kwong Tung menggunakan metode campuran lem dan buntut kuda untuk pembuatan jas. Sebuah teknik standar di sini. Ongkos pembuatannya Rp 5 juta, dengan proses sekitar 3 minggu.

 
Elegant
Elegant berpusat di Jl. Hayam Wuruk, dan memiliki cabang di Jl. Wolter Monginsidi. Semua teknik pembuatannya menggunakan campuran lem dan buntut kuda. Kata mereka, perbedaan harga hanya terletak pada bahan. Kalau Anda membawa bahan wol biasa maka ongkosnya Rp 6 juta, sedangkan untuk bahan wol yang lebih halus, seperti Zegna, ongkosnya menjadi Rp 7 juta. Perbedaan harga ini karena alat yang digunakan berbeda.

The Beauty
The Beauty adalah tailor dengan ongkos termahal di Jakarta. Berlokasi di Jl. Hayam Wuruk dan Plaza Indonesia, untuk pembuatan jas mereka mengenakan harga Rp 9 juta. Tidak mengenal istilah lem dalam teknik pembuatannya. Semua dibuat dengan lapisan buntut kuda saja. Mereka memberikan opsi bahan semi wool tanpa tambahan ongkos kalau pelanggan mau. Tapi menurut saya, agak sayang bila ongkos jasnya sudah begitu tinggi tapi bahannya bukan wol 100 persen (atau setidaknya campuran dengan bahan alami seperti mohair atau cashmere). Proses pembuatan sekitar 1 bulan dengan 2 kali fitting.

***
Akhir kata, kami berharap daftar harga ini bisa membantu Anda untuk mencari tailor yang tepat dalam membuat jas. Bukan hanya masalah harga, mencari tailor yang memahami dan mau mengakomodir keinginan Anda juga sama pentingnya. Tapi setidaknya daftar ini bisa menjadi acuan awal sebelum Anda melangkahkan kaki untuk mendapatkan jas yang sempurna.

ANDA SEBAGAI KONSUMEN HARUS YAKIN PEMILIHAN TAILOR YANG ANDA PERCAYAI .......

ANDA BISA PULA MEMBELI SECARA ONLINE BLAZER PRIA
SILAHKAN KLIK

 

UPDATE  jasjahit telah menghubunggi ( Nov 2016 ) dan menanyakan harga,pada tail;or jas di jakarta telah mengalami kenaikan sekitar 7 % -20 %,lebih detail silahkan tlp ke alamat diatas.

Rublik ini oleh http://pakaiapahariesok.blogspot.com/
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak